NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Mencintai Rasulullah Sebagai Tanda Cinta pada Allah

MEDIA AN NUUR─Nabi Muhammad ﷺ adalah penutup para Nabi, tak ada Nabi lagi setelahnya. Sejak kecil beliau terdidik rajin bekerja, memiliki akhlak yang mulia. Saking jujurnya beliau mendapat gelar Al Amin.

Pada usia 25 tahun, beliau menikah dengan Siti Khadijah. Pada usia 40 tahun, kala menyendiri di Goa Hira mendapat wahyu pertama, surat Al A'la ayat 1-5, yang disampaikan melalui Malaikat Jibril.

Muhammad Hanif
Mas Hanif ajak cintai Rasulullah

Secara bertahap selama 23 tahun, wahyu turun hingga lengkap utuh menjadi kitab suci Al-Qur’an yang sampai sekarang masih asli dan bisa kita baca isinya.

Dalam dakwah, beliau dan para sahabat banyak mendapat tantangan, cemoohan, dan sebagainya, dari kaum kafir. Namun demikian, beliau tidak marah dan tidak pula mendedam.

Rasulullah meninggalkan untuk kita 2 pegangan hidup yakni Al-Qur’an dan Sunnah. Yang dengan berpegang teguh pada keduanya maka akan selamat di dunia dan akhirat.

لَـقَدْ جَآءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِا لْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

"Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman." (QS. At-Taubah 9: Ayat 128)

Rasulullah sedemian cinta kepada umatnya. Sehingga sebagai umat beliau, maka kita pun harus mencintai Rasulullah melebihi cinta kepada yang lain, termasuk diri sendiri dan keluarga.

قُلْ اِنْ كَا نَ اٰبَآ ؤُكُمْ وَاَ بْنَآ ؤُكُمْ وَاِ خْوَا نُكُمْ وَاَ زْوَا جُكُمْ وَعَشِيْرَتُكُمْ وَ اَمْوَا لُ ٱِ قْتَرَفْتُمُوْهَا وَتِجَا رَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَا دَهَا وَ مَسٰكِنُ تَرْضَوْنَهَاۤ اَحَبَّ اِلَيْكُمْ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَ جِهَا دٍ فِيْ سَبِيْلِهٖ فَتَرَ بَّصُوْا حَتّٰى يَأْتِيَ اللّٰهُ بِاَ مْرِهٖ ۗ وَا للّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفٰسِقِيْنَ

"Katakanlah, "Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik." (QS. At-Taubah 9: Ayat 24)

Mencintai Rasulullah ﷺ tak hanya pada ucapan. Tapi harus dengan perbuatan, melaksanakan apa yang diperintahkan Rasulullah, menjauhi apa saja yang dibenci Nabi.

Remaja An Nuur
Remaja menyimak kajian

Patuh pada Rasulullah adalah konsekuensi dari ketaatan pada Allah. Ini adalah keharusan bagi kita sebagai seorang muslim.

مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَا عَ اللّٰهَ ۚ وَمَنْ تَوَلّٰى فَمَاۤ اَرْسَلْنٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيْظًا 

"Barang siapa menaati Rasul (Muhammad) maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barang siapa berpaling (dari ketaatan itu) maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 80)

Kajian Remaja malam Senin, pada hari Ahad, 19 November 2023 di Masjid An Nuur, bersama Mas Muhammad Hanif, S.Pd, staf pengajar di SMA Muhammadiyah 3 Watukelir.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822