NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Badko LPQ Weru Gelar Sosialisasi Emis 4.0 di Aula SMK Muhammadiyah Watukelir

MEDIA AN NUUR─Ahad, 1 Oktober 2023. Bakdo LPQ Kecamatan Weru menyelenggarakan Sosialisasi Emis 4.0 di Aula SMK Muhammadiyah Watukelir. Diikuti lebih dari 60 peserta yakni ustaz-ustazah yang bertugas sebagai operator Emis di TPQ masing-masing.

Emis LPQ
Pelaksanaan sosialisasi Emis 4.0 untuk TPQ se-Weru

Acara dimulai pukul 08.30 WIB, dipandu oleh Pak Widodo, SH selaku pembawa acara. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustaz Muhammad Devi Syahputra, kemudian bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Widodo, SH
Pak Widodo memandu acara
Muh Devi Syahputra
Tilawah oleh Ustaz Syahputra

Sesi pertama, sosialisasi FASI ke-12 oleh Pak Bambang Wahyudi, SE selaku Ketua Badko LPQ Weru. FASI tingkat kabupaten dilaksanakan pada akhir bulan Oktober 2023. Untuk itu, FASI di tingkat kecamatan Weru akan dilaksanakan pada hari Ahad, 22 Oktober 2023 di Masjid Baiturrahman Watukelir dan SMK Muhammadiyah Watukelir.

Sosialisasi FASI
Pak Bambang sosialisasi FASI

Tiap desa mengirim perwakilan atau utusan lomba ke tingkat kecamatan, bisa melakukan seleksi dulu antar TPQ di desa masing-masing, atau bisa memilih langsung peserta dari TPQ mana saja yang bisa ikut.

Ada 3 tingkatan peserta, yakni tingkat TKQ maksimal 7 tahun pada 1 Juli 2024. Tingkat TPQ maksimal 12 tahun. Tingkat TQA maksimal umurnya 15 tahun. Beberapa cabang lomba bisa diikuti menyesuaikan kriterianya.

Sesi kedua, acara inti pertemuan hari ini yakni sosialisasi Emis 4.0 disampaikan oleh Pak Budi Purwanto, S.Pd.I, sekretaris Badko LPQ Weru.

Pak Budi Badko
Pak Budi sampaikan sosialisasi Emis 4.0

Setelah launching Emis 4.0 maka Emis lama sudah tidak dipakai lagi. Masih bisa dibuka tapi tidak bisa untuk pendataan, hanya melihat data yang pernah diisi saja.

Pendataan Education Management Information System (Emis) 4.0 menjadi salah satu cara untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan lembaga TPQ di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Emis 4.0 adalah aplikasi yang akan mengintegrasikan sistem informasi dan data pendidikan Islam yang menjadi dasar kebijakan dan sumber informasi data publik. Data pendidikan menjadi kunci dalam peningkatan mutu layanan pendidikan TPQ dalam binaan Kemenag.

Pak Budi menyampaikan sosialisasi secara detail berikut mengajak operator yang hadir untuk mempraktikkan migrasi dari Emis lama, dan bagaimana mengisi tiap kolom yang tersedia hingga terbentuk data yang akurat sesuai kondisi real di TPQ.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822