NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Puasa Menjauhkan dari Neraka Sejauh 70 Tahun Perjalanan

MEDIA AN NUUR─Senin, 9 Oktober 2023. Kajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah asuhan Ustaz Danuri, ketua ranting Muhammadiyah Ngreco. Pertemuan diawali dengan tilawah Al-Qur’an melanjutkan Surat Al Qamar (54) ayat 1 sampai ayat 6.

Malam hari ini, Ustaz Danuri kembali menyampaikan hadis-hadis yang berkaitan dengan puasa. Kali ini tentang orang berpuasa yang dijauhkan Allah ﷻ dari api neraka.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, Nabi ﷺ bersabda,

مَنْ صَامَ يَوْمًا فِى سَبِيلِ اللَّهِ بَاعَدَ اللَّهُ وَجْهَهُ عَنِ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا

Siapa yang berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis di atas dikatakan bahwa orang berpuasa sehari di jalan Allah maka akan dijauhkan dari api neraka dengan jarak tempuh 70 tahun perjalanan, yang artinya ia akan didekatkan dengan surga-Nya.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri sampaikan keutamaan puasa yang menjauhkan dari neraka

Tentu saja ada syarat-syarat yang harus dipatuhi oleh orang yang berpuasa agar bisa dijauhkan dari neraka. Yakni puasa yang dikerjakan dengan benar dan ikhlas, sehingga diterima oleh Allah ﷻ.

Dalam hal ini, seseorang yang berpuasa harus bisa meninggalkan perbuatan dusta dan maksiat yang tampak maupun disembunyikannya. Jika tidak maka rusaklah puasa yang dilaksanakan.

Puasa merupakan ibadah yang harus dijalani dengan kesabaran yang ekstra. Ketahanan dalam menjaga diri dari beragam hal yang membatalkan sahnya puasa atau menggugurkan pahalanya tentu harus diperkuat.

Keutamaan puasa ini senada dengan perkataan Nabi Muhammad ﷺ yang menegaskan bahwa puasa merupakan tameng sekaligus benteng pertahanan penting dari segala perbuatan buruk, hingga panasnya api neraka.

Maksudnya, puasa tersebut dapat menjadi pelindung atau penutup bagi orang yang berpuasa dari api neraka. Dengan puasa, maka akan dapat melindungi orang yang melakukannya dari berbagai syahwat yang membahayakan baginya.

Semoga kita bisa berjumpa Ramadan yang akan datang, dan bisa berpuasa dengan baik sesuai ajaran Rasulullah ﷺ sehingga kita bisa dijauhkan dari neraka, yang artinya dekat dengan surga dan memasukinya dari pintu khusus bernama Ar Rayyan, aamiin.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822