NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Rakor Pembentukan Personalia Majelis dan Lembaga PCM Weru Periode Muktamar 48

MEDIA AN NUUR─Selasa, 5 September 2023. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru mengadakan rapat koordinasi pembentukan personalia majelis dan lembaga PCM Weru periode muktamar 48. Melengkapi rangkaian muscab yang telah sukses digelar di ranting Karangtengah, 27 Agustus 2023 lalu.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru
Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru periode muktamar 48

Pertemuan dipandu Pak Drs. Sagiyo selaku sekretaris. Mengajak hadirin mengucapkan basmalah bersama-sama. Kemudian dilanjutkan tausiah iftitah, sebagai kebiasaan di persyarikatan Muhammadiyah ketika mengadakan pertemuan.

Ustaz Muhammad Saifudin, Lc, M.Ag yang didaulat menyampaikan nasihat. Beliau membacakan ayat yang populer di persyarikatan, yakni surat Ali Imran ayat 110, tentang menjadi umat terbaik.

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ

Kamu adalah umat terbaik yang dikeluarkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran 3: Ayat 110)

Ustaz Saifudin
Ustaz Saifudin ingatkan untuk beramar makruf nahi munkar

Menurut penjelasan mudir Ponpes Sangen itu, kita mendapat tugas untuk amar makruf nahi munkar di Muhammadiyah. Beliau mengajak bersama-sama memikul tugas itu sebaik-baiknya dengan keikhlasan dan kesungguhan. Dengan begitu, maka akan Allah berikan kemudahan menjalankannya.

Ustaz Saifudin juga mengingatkan bahwa amalan yang dicintai Allah adalah yang rutin meski hanya sedikit daripada amalan sekali yang tidak ada kelanjutan. Istikamah itulah yang terpenting.

Selanjutnya, sambutan ketua PCM terpilih, Pak Sumardi, S.Pd.I. Beliau mengajak hadirin bersyukur bisa bertemu di Gedung Dakwah PCM Weru di Kalisige ini dalam sehat jasmani dan rohani. Juga berterima kasih atas kehadiran semua yang datang memenuhi undangan PCM.

Pak Sumardi bersyukur telah terlaksana musda dengan sukses menggunakan metode e-voting yang memudahkan dan tak menguras tenaga. Telah terbentuk 9 pimpinan PCM Weru dengan beliau sebagai ketua. Semoga amanah ini bisa dikerjakan bersama untuk kemajuan persyarikatan di Weru ini, begitu beliau berharap.

Pak Sumardi ketua PCM Weru
Pak Sumardi ketua PCM Weru periode muktamar 48

Beliau lantas menukil sebuah ayat sebagai motivasi bagi diri sendiri sekaligus untuk semua yang terpilih mengemban amanah menjadi pimpinan di PCM Weru ini.

وَا لَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا  ۗ وَاِ نَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 69)

Pak Sumardi mengajak berangkat dari ayat itu sebagai penyemangat mengemban amanah di cabang Muhammadiyah Weru. “Orientasinya mengharap keridaan Allah ﷻ, seperti telah diajarkan ayahanda-ayahanda kita di persyarikatan,” kata beliau.

Akhirnya beliau berharap agar Muhammadiyah Weru benar-benar diperhitungkan keberadaannya, dengan cara memberi keteladanan yang baik. “Kekuatan kita sudah cukup banyak menjadi modal menghasilkan ide-ide yang cemerlang untuk lebih memajukan Weru,” ungkap beliau.

Selanjutnya, acara inti pembentukan personalia majelis dan lembaga PCM Weru dipimpin sekretaris terpilih yakni Pak Drs. Sagiyo yang juga memandu acara malam ini. Diputuskan PCM Weru akan memakai 9 majelis 3 lembaga. Siapa saja yang diamanahi sebagai personalianya dibahas bersama.

Baru diputuskan 2 nama tiap majelis dan lembaga, dari para hadirin. Untuk melengkapinya pihak PCM memberi waktu kepada 2 nama tersebut untuk menambah anggotanya. Penetapan personalianya akan diumumkan di lain kesempatan.

Demikianlah, kegiatan berjalan dengan lancar dan baik. Semoga seluruh jajaran kepemimpinan PCM Weru bisa mengemban amanah dengan baik dan sesuai tagline muscab, memajukan Weru mencerahkan semesta. Aamiin.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822