NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Lomba Senam Lansia Kadus Sidowayah Menyambut HUT RI 78 Berlangsung Meriah

MEDIA AN NUUR─Dalam rangka menyambut HUT RI ke-78, Paguyuban Keluarga Berencana (PKB) Sidowayah menggelar Lomba Senam Lansia Kadus Sidowayah Desa Ngreco, antar ibu-ibu dari masing-masing RT. Dilaksanakan di lapangan MIM Sidowayah pada hari Selasa malam, 15 Agustus 2023, dengan tema Lansia Terawat, Lansia Bermartabat.

Lomba senam Sidowayah
Peserta lomba senam

Acara dipandu Bu Kadus Tri Suyati selaku pembawa acara. Membuka pertemuan dengan membaca basmalah. Kemudian acara berlanjut sambutan oleh Pak Kadus Muhammad Ismail.

Sambutan kadus
Sambutan kepala dusun

Pak Kadus mengucapkan selamat datang untuk semua peserta dan warga Sidowayah yang berkenan hadir di lapangan MIM Sidowayah. Beliau berharap acara seperti ini bisa berlangsung tiap Agustusan agar menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan.

Lomba kali ini dengan 3 orang dewan juri, yakni Bu Tri Asih (puskesmas), Bu Hartini (dosen UTP Solo), dan Bu Yuliana (bidan puskesmas). Turut hadir menyemangati Pak Saimin, Kepala Desa Ngreco, beserta ibu. Hadir juga Bu Purwaningsih, Sekretaris Desa Ngreco.

Dewan juri senam
Dewan juri senam Sidowayah

Selanjutnya, Bu Tri Asih menyampaikan peraturan lomba dan penilaian. Beliau mengingatkan agar tetap bersemboyan yang penting hepi, hadiah pikir keri. Lomba memang dinilai, tapi jangan saling menyalahkan kalau ada anggota keliru gerakannya, khawatir besok tidak mau berangkat senam lagi.

Bu Tri Asih
Penyampaian ketentuan lomba

Bu Tri Asih juga menyampaikan bahwa ada beberapa poin penambah nilai. Seperti misalnya ada senyum apa tidak. Lalu seragamnya sama apa tidak, sebagai tanda kekompakan.

Juga dinilai variasi gerakannya ada apa tidak. Yel-yel juga dinilai, kesesuaian dengan tema lansia. Lomba ini bertujuan agar tercapai lansia yang sehat dan mandiri.

Senam pun dimulai sesuai urutan undian. Yang tampil pertama adalah RT 03/06 di bawah pimpinan Bu Sri Lestari. Menampilkan 12 peserta senam dengan penuh rasa hepi.

Senam RT 03/06
Penampilan RT 03/06

Tampil kedua, dari Tegalombo RT 03/07 di bawah pimpinan Bu Parlin. Mengetengahkan 9 peserta dengan yel-yelnya yang penuh semangat.

Penampilan RT 03/06
Penampilan RT 03/07

Selanjutnya, RT 02/07 tampil urutan ketiga dengan jumlah peserta 13 orang. Yang memimpin adalah Bu Tumini.

Senam RT 02/07
Penampilan RT 02/07

Urutan keempat tampil dari RT 01/07 yang dipimpin oleh Bu Sri Muryati. Menampilkan jumlah peserta 11 orang.

Penampilan RT 01/07
Penampilan RT 01/07

Yang kelima maju tampil dari ibu-ibu RT 02/06 di bawah pimpinan Bu Rani Catur Sayekti. Menampilkan sejumlah 8 orang peserta.

Penampilan RT 02/06
Penampilan RT 02/06

Paling akhir tampil adalah ibu-ibu dari RT 01/06 sejumlah 16 orang. Dipimpin oleh Bu Nurhayati.

Penampilan RT 01/06
Penampilan RT 01/06

Adapun senam yang dilombakan ada 4 jenis yakni senam diabetes tanpa inti (pemanasan, perenggangan, pendinginan) dan senam refleksi. Para peserta tampak penuh kegembiraan memberikan penampilan terbaiknya.

Setelah senam selesai, lanjut pembagian doorprize yang dipandu langsung oleh Bu Sekdes, Bu Kades, dan Bu Kadus. Tak hanya peserta lomba, para supporter juga berkesempatan mendapatkan doorprize.

Terakhir, yang ditunggu adalah pengumuman hasil Lomba Senam Lansia. Juara 1 diraih oleh RT 01/06, juara 2 diraih oleh RT 02/07, juara 3 diraih oleh Tegalombo RT 03/07. Juara harapan 1 diraih RT 02/06, harapan 2 diraih RT 03/06, dan harapan 3 diraih oleh RT 01/07.

Foto bareng
Para pemenang berfoto bersama kepala desa dan dewan juri

Demikianlah pelaksanaan lomba yang berlangsung dengan meriah penuh suka ria. Semoga semakin menyadarkan warga terutama lansia untuk selalu menjaga kesehatan. Sebagaimana tema lomba, Lansia Terawat, Lansia Bermartabat.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822