NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

4 Amalan Abu Bakar As-Shidiq yang Menjadi Sebab Masuk Surga

MEDIA AN NUUR─Senin, 21 Agustus 2023. Pengajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah, diasuh oleh Ustaz Danuri, ketua Muhammadiyah ranting Ngreco. Pertemuan diawali melanjutkan baca Surat Az-Zariat (51) ayat 56 dan lanjut sampai Surat At-Tur (52) ayat 14.

Pak Danuri
Ustaz Danuri sampaikan amal kebaikan penyebab masuk surga

Malam ini, Ustaz Danuri membacakan sebuah hadis cukup panjang tentang amalan sahabat yang sangat dicintai Rasulullah ﷺ yakni Abu Bakar As-Shidiq.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: “قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ صَائِمًا؟» قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَا، قَالَ: «فَمَنْ تَبِعَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ جَنَازَةً؟» قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَا، قَالَ: «فَمَنْ أَطْعَمَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مِسْكِينًا؟» قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَا، قَالَ: «فَمَنْ عَادَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مَرِيضًا؟» قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَا، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: «مَا اجْتَمَعْنَ فِي امْرِئٍ إِلاَّ دَخَلَ الْجَنَّةَ».

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, pada suatu hari, Rasulullah ﷺ bertanya kepada para sahabat, “Siapa di antara kalian yang berpuasa pada hari ini?’’ “Saya,” jawab Abu Bakar.  “Siapa di antara kalian yang mengiringi jenazah pada hari ini?” tanya Beliau. “Saya,” jawab Abu Bakar.  “Siapa di antara kalian yang memberi makan fakir miskin pada hari ini?,” tanya Beliau. “Saya,” jawab Abu Bakar. “Siapa di antara kalian yang menjenguk orang sakit pada hari ini?” tanya Beliau. “Saya,” jawab Abu Bakar. Rasulullah ﷺ kemudian bersabda, “Tidak terangkum hal tersebut pada diri seseorang, melainkan ia akan masuk surga.”’ (HR Muslim).

Dalam hadis tersebut mengumpulkan amalan kebaikan yang terangkum pada pribadi seorang Abu Bakar As-Shidiq. Setidaknya ada 4 amalan yang menjadikan pelakunya masuk surga, yakni:

  1. Berpuasa
  2. Mengantar jenazah
  3. Memberi makan fakir miskin
  4. Menjenguk orang sakit

Marilah kita meniru amalan yang dirangkum dalam pribadi Abu Bakar As-Shidiq tersebut. Jika kita bisa maka seperti kata Nabi ﷺ, kita akan masuk ke surga.

Lalu, apakah kita bisa hanya melaksanakan 4 amalan itu dan melalaikan ibadah lain bisa memasukkan kita ke surga? Hanya amalan itu dan tidak salat?

Tentu tidak, salat adalah amalan wajib yang menentukan diterima dan tidaknya amal ibadah kita. Jika salat baik maka amalan lain ikut baik, jika sebaliknya maka akan menjadi sia-sia.

إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإنْ صَلُحَتْ، فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإنْ فَسَدَتْ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيْضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوْا هَلْ لِعَبْدِيْ مِنْ تَطَوُّعٍ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيْضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُوْنُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا.

Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil.

Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman: ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’

Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

Semoga kita bisa menyempurnakan salat wajib kita dengan 4 amalan yang terangkum pada diri Abu Bakar As-Shidiq sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas. Semoga bermanfaat.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822