NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Keutamaan Sedekah Membukakan Jalan Kehidupan Lebih Mudah

MEDIA AN NUUR─Senin, 31 Juli 2023, bakda Salat Isya, kajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah, diasuh oleh Ustaz Danuri, ketua ranting Muhammadiyah Ngreco. Pertemuan diawali dengan membaca Al-Qur’an bersama-sama, melanjutkan Surat Qaf (50) ayat 30 sampai selesai ayat 45.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri sampaikan keutamaan berinfak

Ustaz Danuri kemudian membacakan Surat Al Lail yang salah satu pembahasannya tentang keutamaan bersedekah dan balasan bagi yang kikir tak mau sedekah.

 فَاَمَّا مَنْ اَعْطٰى وَاتَّقٰىۙ – وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰىۙ – فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْيُسْرٰىۗ – وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ – وَكَذَّبَ بِالْحُسْنٰىۙ – فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلْعُسْرٰىۗ – وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُ مَالُهٗٓ اِذَا تَرَدّٰىٓۙ

Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup, serta mendustakan pahala yang terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa. (Q.S Al Lail (92): 5-11)

Ketika seseorang tidak merasa sayang untuk berinfak dan sedekah, maka Allah ﷻ justru semakin memudahkan jalan baginya dalam mencari rezeki. Tak ada cerita beramal membuat orang jadi miskin, yang ada sebaliknya, hartanya semakin bertambah karena keberkahan sedekah itu.

Sementara bagi yang enggan berinfak dan bersedekah, mereka menganggap harta yang didapatkan adalah hasil usaha sendiri, padahal ada campur tangan Allah ﷻ di sana. Maka, mereka akan bertemu kesulitan dalam mencari rezeki karena tak ada keberkahan.

Kita harus yakin dengan kebenaran ayat-ayat tersebut. Hindari sikap kikir dalam mengeluarkan sedekah. Para Malaikat bahkan selalu berdoa di pagi dan sore untuk kebaikan para dermawan yang gemar membelanjakan harta untuk bersedekah dan berinfak.

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua Malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’” (Muttafaq ‘alaih)

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822