NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Rapat Evaluasi dan Perencanaan Program Kerja TPQ An Nuur Bulan Agustus 2023 bersama KKN Undip

MEDIA AN NUUR─Sabtu, 29 Juli 2023. Pengurus TPQ An Nuur Sidowayah melaksanakan rapat rutin bulanan. Kali ini dilaksanakan di Masjid An Nuur Sidowayah, bakda Salat Isya.

Selain ustaz dan ustazah TPQ An Nuur, hadir juga kakak-kakak mahasiswa dari Universitas Diponegoro Semarang yang sedang bertugas KKN di Desa Ngreco.

Agenda malam ini adalah melakukan evaluasi kegiatan TPQ selama ini dan merencanakan program selanjutnya, terutama jangka pendek untuk bulan Agustus 2023.

Pengurus TPQ An Nuur
Suasana rapat pengurus TPQ dan KKN Undip

Pertemuan dipandu pembawa acara oleh Mas Hanif, dipimpin langsung oleh Mas Mukhtar selaku Kepala TPQ An Nuur Sidowayah. Berbagai bahasan dirembug bersama sehingga menghasilkan beberapa keputusan.

Hanif menjadi MC
Mas Hanif memandu rapat

Informasi pertama adalah tentang peniadaan sementara kegiatan ekstra di hari Selasa karena beberapa alasan. Di antaranya adalah berkurangnya tenaga pengajar karena bekerja dan ada 3 ustazah yang melahirkan. Jadi kegiatan TPQ saat ini hanya hari Jumat dan Ahad saja.

Selanjutnya, menindaklanjuti adanya kenaikan kelas di sekolah, maka perlu dilakukan pergeseran santri TPQ. Untuk pembagian masih menurut kelas sekolah masing-masing.

Kelas TK pengajarnya tetap Bu Winarsih dan Bu Yeni. Kelas 1 pengajarnya Mas Hanif. Kelas 2 pengajarnya Bu Naning. Kelas 3 pengajarnya Pak Kaab dan Mbak Safira. Kelas 4 dan 5 pengajarnya Pak Wakhid. Dan untuk kelas 6 pengajarnya Mas Mukhtar.

Untuk Mbak Dinda, Mbak Wanda, Mbak Sofi, dan Mbak Septi, yang terikat dengan pekerjaan sehingga hanya bisa memastikan berangkat hari Ahad tidak ditentukan kelasnya. Mereka menjadi pendamping, membantu kelas yang kebanyakan santri.

Guru TPQ An Nuur Sidowayah
Para pengajar TPQ An Nuur

Untuk Bu Alim tidak diberi tugas mengampu kelas karena sedang mengandung dan mendekati hari kelahiran. Sementara Bu Tiya, Bu Nurul, dan Bu Nur Khasanah masih cuti karena melahirkan.

Evaluasi penarikan donatur yang masih berjalan meski tersendat karena kesibukan Mas Hanif dan Mas Mukhtar sebagai petugas jemput donasi. Semoga ke depan bisa lebih digiatkan lagi.

Evaluasi program Tilawah An Nuur berupa tugas membaca Al-Qur’an sepekan 2 juz, ternyata masih banyak yang berutang, maka dikenakan denda Rp3.000 kalau dibantu melunasi oleh ustaz-ustazah lain. Batas waktu sampai bacaan ke-100 untuk menyelesaikan semuanya. Berhenti dulu di putaran bacaan ke-100 agar bersih dari utang bacaan.

Agenda kebersihan masjid tiap hari Kamis sebagian masih ada yang mangkir. Bagi yang tak bisa berangkat diharapkan sesekali membelikan es teh kampul untuk yang berangkat kerja bakti kebersihan masjid.

Selanjutnya, kegiatan kajian remaja yang diinisiasi dari pengurs TPQ sudah berjalan. Beberapa kali pertemuan sudah disediakan konsumsi makanan ringan. Dana minta ke takmir.

Terkait teknis ketika mengajar TPQ, akan dibuatkan lembar prestasi santri sebagai ganti buku prestasi santri. Jadi cukup 1 lembaran saja tanpa dijadikan buku. Untuk santri yang masih iqro atau kelas bawah, lembar prestasi disimpan oleh ustaz-ustazah agar tidak hilang.

Mahasiswa KKN Undip
Mahasiswa KKN Undip

Uang terakhir, para mahasiswa KKN Undip berencana mengadakan lomba mozaik kaligrafi dengan bahan kertas buffalo, kertas origami, dan lem kertas. Bahan disiapkan oleh KKN. Akan dilaksanakan hari Ahad, 6 Agustus 2023. Pemenang diambil per kelas, hadiah disiapkan oleh TPQ.

Demikian hasil rapat pengurus TPQ An Nuur Sidowayah malam hari ini. Semoga kesepakatan yang telah menjadi keputusan bisa terlaksana dengan baik, dengan dukungan para ustaz-ustazah. Semoga Allah ï·» meridai dan menjadikan sebagai amal jariah.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822