NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae bersama Kak Berliana Maharani KKN Universitas Diponegoro

MEDIA AN NUUR─Setelah lulus sekolah, sebagian kita ada yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan. Sebagian lagi memilih berwirausaha. Keduanya sama-sama pilihan yang bagus, dan sebelum melangkah maka perlu persiapan ke sana.

Berliana Maharani Undip
Kak Berliana Maharani sampaikan tentang pembuatan CV

Bagi kita yang lulus pengin kerja di perusahaan, maka Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah syarat yang harus disertakan dalam melamar kerja. Nah, mari kita bahas tentang persyaratan lamaran yang satu ini.

Pengertian Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas mengenai identitas pribadi, portofolio karier, prestasi akademik atau non akademik, serta data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

Curriculum Vitae biasa juga kita sebut sebagai Daftar Riwayat Hidup yang berisi informasi tentang kehidupan yang dituangkan secara rinci tapi ringkas, baik itu identitas pribadi, riwayat pendidikan, maupun prestasi yang pernah diraih dan pengalaman kerjanya.

Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae
Remaja Sidowayah ikuti pelatihan pembuatan CV

Bagi kita yang mencari pekerjaan, CV sangat penting karena memang dipersyaratkan oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja. Penting karena CV menunjukkan kesan pertama tentang kita, memperlihatkan profesionalitas, bahkan untuk menarik perhatian sekaligus menjelaskan diri secara singkat, dan menonjolkan kemampuan yang bisa jadi pertimbangan perusahaan.

Jenis CV ada 2 macam, yakni CV ATS Friendly dan CV Kreatif. Perbedaannya pada template dan desain yang digunakan, format yang berbeda, pemilihan keyword dan bahasa yang digunakan, serta perusahaan dan posisi yang akan dituju.

CV ATS Friendly
Ada 2 macam jenis CV

CV ATS Friendly digunakan saat melamar di perusahaan besar seperti BUMN, Unilever, Shopee, Tokopedia, dll. Sasarannya adalah melamar sebagai Business (Business development, marketing, public relations, HRD, dll). Pengirimannya melalui website perusahaan atau website job portal.

Sementara CV Kreatif dipakai ketika melamar ke perusahaan kecil-menengah, saat melamar sebagai design and creative (graphic design, photographer, ilustrator, dll). Pengirimannya melalui e-mail yang secara langsung dituju kepada manager atau HR.

Apa saja yang menjadi isian wajib dalam sebuah CV yang baik? Yang pertama tentunya adalah informasi personal yakni nama lengkap (boleh menggunakan gelar), nomor handphone, alamat e-mail, domisili (cukup nama kota/daerah), dan media sosial kita.

Cantumkan Tentang Saya yang berisikan rangkuman CV, biasanya memuat berapa lama pengalaman kerja, keahlian apa saja yang dimiliki, kegiatan yang dikerjakan saat ini, dan kelebihan diri kita.

Dewa Ananta mendapat doorprize
Dewa Ananta mendapat doorprize pada sesi tanya jawab

Selanjutnya ada kolom berisi Pendidikan dan Pengalaman. Sebaiknya ditulis dari pengalaman terbaru. Kalau belum ada pengalaman kerja, bisa ditulis riwayat pendidikan saja. Pendidikan cukup ditulis 2 jenjang terakhir saja. Jadi tidak harus runut dari PAUD atau TK misalnya.

Dinda Madu Tiara mendapat doorprize
Dinda Madu Tiara mendapat doorprize pada sesi tanya jawab

Terakhir, kolom Skill dan Informasi Tambahan. Contoh skill yang bisa ditambahkan adalah kemampuan bahasa, software atau aplikasi tertentu, sertifikasi (beserta masa aktifnya), dan softskill.

Demikianlah panduan membuat CV atau Curriculum Vitae yang bisa kita praktikkan ketika hendak melengkapi berkas lamaran kerja. Sebagai penutup, ada tips melamar pekerjaan yang bisa dicoba, yakni dengan menggunakan CV yang spesifik, lakukan latihan interview, dan tak kalah penting bersihkan media sosial dari konten tak berfaedah.

Materi kajian remaja di Masjid An Nuur Sidowayah pada hari Ahad, 23 Juli 2023 sesi 1 yang disampaikan oleh Kak  Berliana Maharani, mahasiswi FEB Universitas Diponegoro Semarang yang sedang KKN di Desa Ngreco

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822