NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Mengkaji Pentingnya Berbahasa Inggris di Era Globalisasi bersama Kak Adhiza Indira Savitrie KKN Universitas Diponegoro

MEDIA AN NUUR─Seberapa penting sih, bahasa inggris di era globalisasi seperti sekarang ini? Tuntunan perkembangan zaman di mana hubungan internasional semakin luas dan teknologi semakin maju,m aka bahasa inggris sebagai media komunikasi juga semakin penting.

Bahasa inggris adalah bahasa yang digunakan oleh berbagai bangsa untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Bahasa inggris juga digunakan di bidang kesehatan, industri, pendidikan, ekonomi, dan banyak lainnya.

Pentingnya Berbahasa Inggris di Era Globalisasi

Selanjutnya, bagaimana peran bahasa inggris di era globalisasi seperti saat ini? Kalau bicara tentang peluang karir, banyak perusahaan dan pekerjaan lainnya yang menggunakan bahasa inggris sebagai syarat masuk atau bekerja di sana.

Kak Adhiza Indira Savitrie
Kak Adhiza Indira Savitrie sampaikan tentang bahasa inggris

Kemampuan berbahasa inggris pun dapat membuka pintu bagi peluang karir yang lebih luas. Jadi, semakin baik kemampuan menggunakan bahasa internasional ini, maka makin besar peluang sukses dalam pekerjaan di belahan dunia manapun.

Di sisi lain, bahasa inggris adalah bahasa yang umum digunakan dalam dunia pendidikan. Baik dalam mencari informasi melalui sumber-sumber global mau pun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Peran bahasa inggris di era globalisasi juga sangat besar dalam dunia teknologi, sains, dan inovasi. Bahasa inggris dibutuhkan sebagai bahasa utama untuk publikasi ilmiah dan konferensi internasional. Bahasa inggris juga bahasa yang umum digunakan di industri pariwisata.

Tips untuk Belajar Bahasa Inggris

Selanjutnya, ada beberapa tips untuk kita yang mau belajar bahasa inggris. Cara-cara yang bisa kita lakukan di tengah kegiatan sehari-hari sehingga tak lagi merasa asing dengan bahasa dunia ini.

Ubah Bahasa di Gadget dengan Bahasa Inggris

Setiap gadget yang biasa kita gunakan, seperti smartphone sampai komputer, pada tampilan menu dan berbagai fiturnya, memiliki bahasa yang bisa kita atur. Nah, untuk membantu kita dalam belajar bahasa inggris kita bisa mengaturnya agar tampil dalam mode bahasa inggris. Dengan begitu, kita akan terbiasa dengan kata-kata dalam bahasa inggris.

Ichan dapat doorprize
Ichan dapat doorprize pada sesi tanya jawab

Kita akan akrab dengan kata-kata seperi nama-nama hari, jam, emergency call, search, reorder dan masih banyak lagi. Ini tentu sangat bermanfaat dan mendukung kita dalam usaha mempelajari bahasa tersebut.

Membaca Buku Bahasa Inggris

Cara lain lagi untuk belajar bahasa inggris secara efektif adalah dengan membaca buku berbahasa inggris. Misalnya bagi yang suka novel, cobalah membaca yang terbitan dari luar negeri. Ketika membaca, di sana tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kita akan belajar banyak kosakata baru.

Rokhim
Rokhim mendapatkan doorprize pada sesi tanya jawab

Mencatat Kosakata Baru

Tips mudah belajar bahasa inggris selanjutnya adalah mencatat kosakata baru yang kamu temukan. Jadi selesai membaca, mendengarkan musik atau seusai menonton film berbahasa inggris, cobalah mencatat dan menghafal kosakata baru tersebut.

Manfaatkan Internet

Selain dengan kursus yang berbayar, ada alternatif lain untuk belajar bahasa inggris yaitu dengan menonton video di YouTube. Cukup banyak channel-channel yang membantu semua orang memahami bahasa inggris.

Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Selain itu, ada banyak aplikasi belajar gratis di internet yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang bahasa inggris, yang patut kita coba.

Safira dapat doorprize
Safira dapat doorprize pada sesi tanya jawab

Penggunaan aplikasi belajar akan memudahkan kita untuk menguasai bahasa inggris. Salah satu aplikasi terbaik untuk belajar Bahasa Inggris adalah DuoLingo. Keunggulan utamanya adalah kamu bisa menentukan target belajar bahasa setiap harinya.

KKN Undip
Foto bersama selesai acara

Materi kajian remaja di Masjid An Nuur Sidowayah pada hari Ahad, 23 Juli 2023 sesi 3 yang disampaikan oleh Kak Adhiza Indira Savitrie, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang yang sedang KKN di Desa Ngreco

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822