NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Mengenal Seluk-Beluk Kewirausahaan bersama Kak Berliana Maharani KKN Universitas Diponegoro

MEDIA AN NUUR─Lulus sekolah mau apa? Kerja ikut orang atau mau menjajal berwirausaha? Kalau memutuskan berwirausaha, kira-kira sudah tahu ilmunya belum? Kali ini kita ulas tentang kewirausahaan dan seluk beluk di dalamnya. Berlatih menjadi seorang entrepreneur.

Apa definisi dari kewirausahaan? Kewirausahaan adalah kata serapan dari bahasa inggris “entrepreneurship” yang memiliki arti petualang, pencipta, dan pengelola usaha.

Berliana Maharani
Kak Berliana Maharani sampaikan tentang kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu usaha untuk menentukan, mengembangkan, kemudian menggabungkan inovasi, kesempatan, dan cara yang lebih baik agar memiliki nilai yang lebih dalam kehidupan.

Manfaat kewirausahaan adalah membuka lapangan kerja baru. Bagi pelakunya akan bisa memiliki usaha sesuai bidang yang disuka. Dengan berwirausaha maka bisa turut berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Kita pun bisa mengetahui hal-hal yang sedang trend.

Karakteristik kewirausahaan adalah disiplin, memiliki komitmen tinggi, jujur, inovatif, dan mandiri. Tanpa kedisiplinan maka tak akan mungkin sukses menjadi seorang entrepreneur.

Tanpa komitmen yang tinggi maka akan mudah menyerah pada rintangan. Kejujuran menjadi kunci. Dan wajib selalu berinovasi dan berjiwa kemandirian.

Remaja Sidowayah
Remaja simak penjelasan Kak Berliana

Cara memulai bisnis yang pertama adalah menentukan jenis usaha yang akan kita kelola. Jika masih merasa bingung untuk membuka usaha jenis apa, kita bisa menentukan jenis usaha sesuai dengan apa yang disuka.

Cara memulai bisnis ini wajar untuk dilakukan agar memudahkan dalam menghadirkan kualitas produk atau jasa yang terbaik. Jenis wirausaha yang bisa dicoba di antaranya adalah usaha ritel, start up, dan industri kreatif.

Selanjutnya, dalam memulai bisnis yang kita perlu lakukan adalah riset agar mengetahui tentang seluk beluk jenis usaha yang akan dijalankan. Riset juga diperlukan agar dapat menentukan trend yang sedang digandrungi oleh para konsumen saat ini, agar strategi usaha kita bisa tepat sasaran dan dapat memberikan keuntungan serta perkembangan yang signifikan.

Dalam menentukan cara memulai bisnis bagi pemula, kita tentu membutuhkan catatan keuangan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuat anggaran terlebih dahulu sebelum mulai melakukan rencana bisnis yang menyeluruh terkait alur kerja operasional.

Pastikan Anda memiliki tabungan untuk modal usaha terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk meminjam modal jika dirasa kita tidak memiliki keyakinan atau timeline yang tepat untuk mengembalikan modal yang kita pinjam. Jika dirasa masih kurang, kita bisa lebih dulu meningkatkan nominal uang yang ada di dalam tabungan.

Tentukan waktu untuk memulai bisnis. Jangan menentukan waktu secara asal-asalan, karena cara memulai bisnis bukan perkara main-main. Jangan juga terburu-buru, karena memulai usaha memerlukan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja bisa mengalami kerugian. Misalnya, saat mendekati bulan suci Ramadan, usaha yang paling tepat adalah berjualan busana muslim dan kue-kue lebaran.

Surya
Surya dapat doorprize di sesi tanya jawab

Selanjutnya, tentukan keunikan dari produk kita. Di dunia bisnis ada yang namanya persaingan, jadi dengan cara memulai bisnis yang satu ini kita harus menentukan keunikan dari produk atau jasa di usaha kita. Tujuannya agar kita bisa melewati proses persaingan bisnis tersebut.

Buatlah strategi promosi yang tepat untuk usaha kita. Tujuannya untuk memperkenalkan produk usaha ke calon konsumen. Semakin tepat promosi yang dilakukan, semakin banyak orang yang mengetahui produk di usaha kita. Apalagi zaman semakin canggih dan mudah dalam mempromosikan apapun.

Semoga dengan mengetahui ilmu tentang kewirausahaan ini menjadi landasan kita yang ingin masuk ke dunia entrepreneurship. Hal yang tak boleh dilupakan dalam mengawali bisnis adalah berdoa kepada Allah agar diberikan kemudahan dan kelancaran rezeki.

Materi kajian remaja di Masjid An Nuur Sidowayah pada hari Ahad, 23 Juli 2023 sesi 2 yang disampaikan oleh Kak  Berliana Maharani, mahasiswi FEB Universitas Diponegoro Semarang yang sedang KKN di Desa Ngreco

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822