NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Panen Pahala Amalan Cerdas dengan Belajar dan Mengajarkan Ilmu yang Bermanfaat

MEDIA AN NUUR─Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa ilmu adalah warisan para Nabi. Maka marilah bersemangat dalam mencarinya. Menuntut ilmu juga adalah kewajiban bagi kaum muslimin, baik laki-laki maupun perempuan, masih muda maupun sudah tua.

إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, sesungguhnya mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang telah mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Pak Purwanto
Ustaz Purwanto ajak amalkan ilmu dan mengajarkannya

Ketika kita mendapatkan ilmu dan memahaminya, kita ada kewajiban untuk mengajarkan kepada orang lain. Bahkan mengajak teman-teman kita agar turut berangkat kajian pun akan mendapatkan pahala berlimpah.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا (رواه مسلم)

Diriwayatkan dari Abi Hurairah, sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda: “Barang siapa mengajak kepada petunjuk (amal baik), maka ia mendapatkan pahala sama seperti pahalanya orang yang mengikutinya. Tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang melakukannya. Barang siapa yang mengajak pada kesesatan, maka ia mendapatkan dosa setimbang dengan dosa orang yang mengikutinya. Tanpa sedikitpun mengurangi dosa orang yang melakukannya.” (HR Muslim)

Kajian remaja
Remaja Sidowayah semangat kajian

Ternyata setelah paham suatu ilmu dan kita bisa mengajak teman-teman mempelajari serta mengamalkannya, maka kita bisa panen pahala. Ilmu yang bermanfaat juga merupakan 1 dari 3 perkara yang bisa mengalirkan pahala meski kita sudah meninggal dunia.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim)

Berawal dari menuntut ilmu, kita bisa mendapatkan banyak keberkahan. Berkah dengan semakin banyaknya nilai manfaat karena ilmu yang dipahami. Dapat pahala dari amalan yang dilaksanakan sendiri dan dapat kiriman pahala dari ilmu yang kita sampaikan pada orang lain. Sungguh inilah amalan yang cerdas!

Ringkasan kajian remaja di Masjid An Nuur Sidowayah, pada 9 Juli 2023. Disampaikan oleh Ustaz Purwanto.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822