NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Penurunan Kesehatan Saat Masuk Usia 40 Tahun dari Segi Medis

MEDIA AN NUUR─Usia 40 tahun adalah waktu maksimal bagi umat Islam menemukan dirinya sebagai muslim yang sebenar-benarnya. Batas 40 tahun yang digariskan dalam Al-Qur'an menjadi tolok ukur kepribadian muslim. Melewati usia itu maka akan banyak kemunduran yang dialami sampai akhirnya nanti bertemu ajal.

Dari Al-Sya'bi, dari Masruq, dia berkata, “Apabila salah seorang dari kalian telah menginjak umur 40 tahun, maka ambillah peringatan daripada Allah ï·».”

Usia 40 tahun ke atas, jangan sampai terlambat menyadari bahwa waktu tidak akan lama lagi. Limit akhir ini harus menemukan diri sudah mantap menjauhi maksiat. Doa yang diajarkan Allah dalam Al-Qur'an pada bahasan minggu lalu bisa menjadi penyelamat asal kita amalkan setiap harinya.

Usia 40 tahun
Ustaz Guntur sampaikan tentang usia 40

Berbagai perubahan kondisi tubuh manusia terjadi saat memasuki usia kepala empat ini. Usia 40 tahun mulai banyak risiko penyakit mulai meningkat. Bagian dari berusia 40 adalah masalah kesehatan, tubuh yang menua, penurunan kondisi fisik, dan sistem tubuh yang mulai rusak.

Ketika memasuki usia 40 tahun, penyakit bermunculan dari hipertensi atau tekanan darah tinggi seperti serangan jantung dan stroke. Penyakit diabetes juga menjadi salah satu kasus yang mengkhawatirkan. Diabetes adalah penyakit metabolisme yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein akibat insufisiensi fungsi insulin.

Memasuki usia 40 tahun, tubuh juga akan mulai kehilangan massa otot. Juga penurunan hormon yang menyebabkan penurunan metabolisme tubuh. Ditambah terjadinya penurunan massa otot tanpa lemak sehingga tubuh tak bisa membakar kalori sebaik usia muda.

Pengajian ahad pagi
Bapak-bapak menyimak pengajian

Dari segi medis, kita dianjurkan rutin periksa tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dan berat badan. Selain itu juga bisa melakukan olahraga teratur yang tidak termasuk ke dalam olahraga kompetisi. Olahraga kecil atau sedikit tapi teratur. Bagi perokok, lekas tinggalkan.

Selanjutnya, dalam hal asupan makanan. Jenis makanan yang dikonsumsi mengacu pada prinsip gizi seimbang, yaitu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral setiap harinya. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama yang diperlukan tubuh. Protein membantu menjaga massa otot yang mulai menghilang.

Ibu aisyiyah weru
Ibu-ibu di luar gedung

Sebagai tambahan, menukil dari web Hellosehat.com, usia 40 tahun wajib menghindari makanan tinggi lemak karena dapat menaikkan kolesterol dan berat badan. Makanan tinggi gula karena dapat meningkatkan berat badan dan resistensi insulin.

Juga jauhi makanan tinggi garam karena menaikkan risiko hipertensi. Makanan tinggi kalori tetapi minim zat gizi seperti soda, sirup, kerupuk, dan juga junk food. Kafein dan alkohol karena bisa menyebabkan insomnia, kelelahan, hingga gangguan metabolisme.

Ringkasan Pengajian Ahad Pagi PCM Weru di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru (Kalisige, Karakan, Weru) pada 15 Januari 2023 yang disampaikan oleh Ust. dr. Guntur , M.Si (Sukoharjo)

Foto: Sarwiji Majid

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822