NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Dapatkan Rumah di Surga dengan Rutin Mengerjakan Salat Sunah Rawatib

MEDIA AN NUUR─Di antara salat sunah yang bisa diamalkan kaum muslimin adalah salat sunah rawatib. Salat sunah rawatib adalah salat yang dilaksanakan mengiringi salat fardu atau salat wajib. Pelaksanaannya ada sebelum salat wajib yang disebut qabliyah dan sesudahnya disebut bakdiyah.

Adapun dalil pelaksanaan salat rawatib adalah, dalam riwayat At-Tirmidzi, dari Aisyah RA, Nabi ﷺ bersabda,

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas rakaat dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas rakaat tersebut adalah empat rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat sesudah Zuhur, dua rakaat sesudah Magrib, dua rakaat sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum Subuh.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan merutinkan menjaga salat rawatib terutama yang disebutkan dalam hadis itu adalah akan dibangunkan sebuah rumah di surga. Maka siapa yang tidak tergerak untuk mendapatkannya sungguhlah merugi.

Khotbah Jumat
Ustaz Fauzan sampaikan khotbah tentang salat rawatib

Selain itu, ada salah satu salat rawatib yang nilainya lebih baik dibanding dunia dan isinya. Yakni salat 2 rakaat sebelum Salat Subuh. Dalilnya adalah hadis dari Aisyah RA di mana Nabi ﷺ bersabda,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Dua rakaat fajar (salat sunah qabliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

Mengetahui nilai pahala qabliyah subuh maka seharusnya kita bersemangat meraihnya. Rasulullah ﷺ saja begitu semangat melaksanakannya. Sebagaimana Aisyah RA bersaksi dalam sebuah hadis,

مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ فِى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَسْرَعَ مِنْهُ إِلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah ﷺ mengerjakan salat sunah yang lebih semangat dibanding dengan salat sunah dua rakaat sebelum fajar.” (HR. Muslim)

Adapun anjuran bacaan ketika salat sunah qabliyah subuh adalah membaca Surat Al Kafirun dan Surat Al Ikhlas. Berikut ini dalilnya:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَرَأَ فِى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ (قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ) وَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ)

Sesungguhnya Rasulullah ﷺ membaca ketika salat sunah qabliyah subuh Surat Al Kafirun dan Surat Al Ikhlas.” (HR. Muslim)

Disarikan dari khotbah Jumat, 6 Januari 2023 di Masjid An Nuur Sidowayah yang disampaikan oleh Ustaz Fauzan. Diringkas dari hasil rekaman suara.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822