NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Permisalan Orang Bakhil dan Orang Dermawan Ibarat Menggunakan Jubah dari Besi

MEDIA AN NUUR─Senin, 9 Januari 2023. Kembali berjumpa dengan jadwal pengajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah. Majelis taklim binaan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Ngreco ini diasuh oleh Ustaz Danuri. Pertemuan dimulai dengan membaca Surat Al Fatihah dan melanjutkan Surat Al Ahqaf (46) ayat 21 sampai 28.

Gambaran dermawan dan bakhil
Ustaz Danuri sampaikan gambaran dermawan dan bakhil

Malam ini, Ustaz Danuri menyampaikan sebuah hadis tentang permisalan orang bakhil dan orang dermawan. Hadis selengkapnya sebagai berikut.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: مَثَلُ البَخِيلِ وَالمُنْفِقِ، كَمَثَلِ رَجُلَيْنِ عَلَيْهِمَا جُبَّتَانِ مِنْ حَدِيدٍ، مِنْ لَدُنْ ثَدْيَيْهِمَا إِلَى تَرَاقِيهِمَا، فَأَمَّا المُنْفِقُ: فَلاَ يُنْفِقُ شَيْئًا إِلَّا مَادَّتْ عَلَى جِلْدِهِ، حَتَّى تُجِنَّ بَنَانَهُ وَتَعْفُوَ أَثَرَهُ، وَأَمَّا البَخِيلُ: فَلاَ يُرِيدُ يُنْفِقُ إِلَّا لَزِمَتْ كُلُّ حَلْقَةٍ مَوْضِعَهَا، فَهُوَ يُوسِعُهَا فَلاَ تَتَّسِعُ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah ﷺ bersabda, “Permisalan orang yang bakhil dan dermawan ibarat dua orang yang mengenakan jubah terbuat dari besi yang menutup dari dada hingga kerongkongannya. Adapun orang yang dermawan, maka tiap kali dia berinfak, bajunya akan melonggar dan akhirnya melindungi ujung kakinya hingga bekas jalannya. Sedangkan orang yang bakhil tiap kali dia hendak berinfak, maka bajunya akan mengerut. Dan jika dia melonggarkannya maka baju besinya tetap seperti semula.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis tersebut, Rasulullah ﷺ memberikan permisalan antara orang dermawan dan orang bakhil yang berusaha memakai baju besi dengan cara memasukkannya dari atas kepala dan menurunkannya ke sekujur tubuh.

Orang yang gemar bersedekah dengan mudah memakai baju besi tersebut sehingga mampu menutupi sekujur tubuhnya. Sementara orang yang bakhil merasa kesusahan memakai baju besinya. Seolah-olah tangannya terikat di lehernya. Setiap hendak memasukkannya ke tubuh, maka baju besi tersebut tetap saja hanya sampai di lehernya, sedangkan bagian tubuh yang lain masih terbuka.

Permisalan ini menggambarkan bahwa setiap kali orang yang dermawan ingin bersedekah, maka hatinya menjadi lapang dan jiwanya semakin tentram, sehingga dia semakin mudah mengulurkan tangannya. Sebaliknya, orang yang bakhil, saat ingin bersedekah maka dadanya menghimpit dan tangannya terasa terbelenggu.

Orang dermawan yang bersedekah menjadikannya dekat kepada Allah ﷻ. Menghindarkan diri dari kebencian dan murka Allah ﷻ. Dengan sedekah bisa membantu sesama manusia atau ciptaan Allah lainnya. Itu menjadi salah satu penghapus dosa-dosa yang diperbuat dengan sengaja atau tidak.

Sejatinya sedekah akan memberikan keberkahan kepada harta yang didapatkan. Dengan sedekah pula maka akan membukakan pintu rezeki yang tertutup. Dan yang sangat penting, sedekah menghindarkan dari siksa kubur dan api neraka.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822