NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Berharta Hanya untuk Berfoya-foya adalah Golongan Hamba Terjelek di Sisi Allah

MEDIA AN NUUR─Senin, 2 Januari 2023. Pengajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah di bawah asuhan PRM Ngreco, Ustaz Danuri. Pertemuan dimulai dengan membaca Surat Al Fatihah dan melanjutkan Surat Surat Al Ahqaf (46) ayat 15 sampai 20.

Pada kesempatan malam hari ini, Ustaz Danuri menyampaikan lanjutan keterangan dari hadis yang diulas pertemuan pekan sebelumnya. Adapun golongan pertama adalah yang terbaik, di mana hamba tersebut berilmu dan berharta dan mempergunakannya untuk kebaikan.

Selanjutnya, golongan manusia yang disebutkan dalam hadis tersebut yang kedua adalah hamba yang Allah berikan karunia berupa ilmu tetapi tidak diberikan harta. Kelompok orang ini gemar berdakwah dengan ilmunya.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri sampaikan kajian

Lalu dengan niatnya yang jujur berkata bahwa seandainya memiliki harta, pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan golongan pertama yang berilmu dan berharta yang menggunakan untuk jalan Allah. Maka dengan niatnya itu, pahala keduanya sama.

Golongan ketiga adalah hamba yang Allah berikan harta namun tidak diberikan ilmu, lalu menggunakan hartanya sewenang-wenang tanpa ilmu, tidak bertakwa kepada Allah dalam hartanya, tidak menyambung silaturahmi dan tidak mengetahui bahwa dalam harta itu ada hak Allah. Ini adalah kedudukan paling jelek di sisi Allah.

Model orang seperti ini tak memiliki empati dan kepedulian kepada orang lain terlebih yang miskin tak berharta. Juga tidak paham bahwa ada hak-hak Allah yang harus dipenuhi dengan harta itu, yakni hak untuk disyukuri dengan menggunakan harta pada jalan-Nya.

Golongan terakhir, adalah hamba yang tidak Allah berikan harta tidak juga dikaruniai ilmu. Kelompok ini berkata bahwa seandainya memiliki harta, maka pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan kelompok ketiga yang berhura-hura dengan hartanya. Maka dengan niatnya itu, keduanya mendapatkan dosa yang sama.

Sungguh mengenaskan golongan keempat ini. Sudah miskin di dunia, di akhirat juga sengsara. Ilmu tiada harta tiada. Yang ada hanya mimpi memiliki kekayaan dan berangan bermaksiat dengan harta yang dikhayalkan tersebut.

Sebagai penutup, Ustaz Danuri mengajak bagi orang yang berharta agar harta diletakkan di tangan sehingga bisa membelanjakan dengan baik untuk dunia dan akhirat. Jangan sampai harta dunia diletakkan di hati karena ia akan menutup mata hatinya dan hanya memikirkan dunia melalaikan akhirat.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822