NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Ajang Kreativitas Santri TPQ An Nuur Sidowayah Edisi Januari 2023

MEDIA AN NUUR─Selasa, 10 Januari 2023. Agenda sore ini di TPQ An Nuur Sidowayah adalah ajang kreativitas santri. Kesempatan untuk para santri tampil unjuk kebolehan. “Tak ada tema khusus hari ini, kalian boleh tampil apa saja,” kata Mas Hanif yang memandu acara.

Santri menyambut dengan gembira. Salah satu acara yang mereka nantikan. Para santri sangat bersemangat untuk tampil ke depan. Panggung pun segera disiapkan dengan background MMT bertuliskan Ajang Kreativitas Santri Taman Pendidikan Al-Qur'an An Nuur Sidowayah.

Yang maju pertama kali adalah Ghazi (kelas TK) yang membawakan hafalan Surat Al Fil. Kemudian Gendhis (kelas 3)yang menghafalkan Surat At Tin. Lanjut maju Haikal (kelas 6) yang membaca hafalan Surat Al Humazah.

Ajang kreativitas santriSantri tampil di depan umum

Peserta berikutnya adalah Shihah (kelas 1) yang membacakan Surat An Nas. Lalu giliran Qosim (kelas 6) hafalan Surat Ad Duha. Kemudian Hana dan Hanin (kelas 1) berdua membacakan hafalan Surat An Naziat.

Tampil selanjutnya Zaidan (kelas 2) yang menghafalkan Surat Al Insyirah. Lalu Najwa (kelas 3) maju ke depan membacakan Surat Al Alaq. Kemudian Husna (kelas 5) hafalan Surat Al Adiyat.

Setelah itu, Alifa (kelas 1) menghafalkan Surat Al Falaq. Selanjutnya Michele (kelas 1) membacakan hafalan Surat Al Fatihah. Kemudian Khanza (kelas 2) hafalkan Surat Al Kautsar. Lanjut Nala (kelas 1) membaca hafalan Surat Al Lahab. Ditutup penampilan Liyora (kelas 2) membacakan Surat Al Ikhlas.

Selanjutnya para santri TPQ An Nuur yang telah berani maju tampil dipersilakan baris ke depan untuk menerima apresiasi berupa uang jajan masing-masing Rp5.000. Tak seberapa hanya sekadar untuk memberikan semangat kepada mereka.

TPA An Nuur
Mendapat hadiah uang jajan

Adapun kegiatan ini menjadi agenda rutin bulanan di TPQ An Nuur bertujuan membiasakan anak-anak tampil di depan teman-temannya. Melatih kepercayaan diri dan menghalau rasa minder mereka. Dan ternyata, para santri antusias mengikutinya.

Melatih santri tampil di depan umum pada dasarnya memberikan manfaat meningkatkan keberanian dan melatih mental yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk mengahadapi masalah.

Selain itu juga melatih fokus mereka. Ketika berhadapan dengan banyak orang yang menyaksikan, bisa saja fokus anak menjadi terpecah dan hafalan yang sudah ia persiapkan lenyap begitu saja di kepalanya. Nah, dengan sering berlatih tampil hal itu bisa diatasi.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822