NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Rencana Kegiatan Ekstra TPQ An Nuur Sepanjang Januari 2023

MEDIA AN NUUR─Ahad, 8 Januari 2023. Pengurus TPQ An Nuur Sidowayah mengadakan agenda rutin rapat bulanan. Bertempat di Musala Asmaul Husna, Cowati, bakda Salat Isya. Hadir seluruh jajaran pengurus TPQ An Nuur, kecuali 2 orang yang izin tidak bisa hadir, yakni Bu Alim dan Bu Tiya.

Pertemuan dipimpin langsung oleh Pak Ibnu Ka'ab selaku kepala TPQ An Nuur. Dibuka dengan membaca basmalah, berharap pada Allah agar agenda malam ini diberi kelancaran dan menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat.

Rapat bulanan TPQ
Pak Ibnu Ka'ab pimpin rapat

Pembahasan utama adalah merembuk kegiatan ekstra tiap Selasa. Menurut kalender bulan Januari ada 5 kali hari Selasa, yakni tanggal 3, 10, 17, 24, dan 31. Untuk tanggal 3 sudah terlewati, kemarin diisi oleh Pak Ka'ab memperkenalkan macam-macam sujud, pendingan dari bulan sebelumnya.

Selanjutnya disepakati untuk tanggal 10 Januari 2023 akan digelar ajang kreativitas santri. Santri dipersilakan unjuk kebolehan di depan teman-temannya. Tak ada tema khusus bulan ini. Santri bebas mau tampil apa saja.

Tanggal 17 Januari 2023, agendanya pelatihan kerajinan. Direncanakan akan membuat sulak atau kemoceng berbahan dasar tali rafia. Ini melanjutkan kerajinan bulan sebelumnya yang belum kelar saat praktik membuatnya.

Untuk tanggal 24 Januari 2023 pengurus TPQ akan mengajak para santri refreshing dengan jalan-jalan berkeliling Sidowayah. Cukup lama mereka tidak diajak jalan berkeliling melihat kondisi sekitar.

Terakhir, pada Selasa tanggal 31 Januari 2023 diagendakan permainan atau game. Untuk acara permainan penanggung jawab oleh Pak Wakhid. Saat rapat berlangsung, belum ada konfirmasi mau permainan apa.

Demikian hasil rapat perencanaan kerja TPQ untuk kegiatan ekstra di hari Selasa sepanjang Januari 2023. Kegiatan lainnya tetap berjalan sebagaimana biasa: kegiatan belajar baca tulis Al-Qur'an setiap Jumat dan Ahad.

Kegiatan khataman membaca Al-Qur'an oleh para pengajar TPQ melalui grup WhatsApp Tilawah An Nuur juga tetap berlangsung hingga sekarang tanpa henti. Yakni dengan menjatah baca tiap pengajar 2 juz dalam sepekan.

Oh iya, selain merencanakan kerja TPQ selama Januari 2023, setelah rapat dilanjutkan agenda reorganisasi pengurus TPQ. Pak Ibnu Ka'ab yang menjabat lebih dari 10 tahun menghendaki adanya pergantian kepala TPQ An Nuur.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822