NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Rapat Evaluasi dan Rencana Kegiatan TPQ An Nuur Sidowayah Sepanjang Bulan Desember 2022

MEDIA AN NUUR─Ahad, 4 Desember 2022. Pengurus TPQ An Nuur Sidowayah mengadakan rapat bulanan sebagai evaluasi kegiatan dan perencanaan sepanjang bulan Desember 2022. Bertempat di Musala Asmaul Husna Cowati, dipimpin langsung oleh Kepala TPQ, Pak Ibnu Ka'ab.

Pak Ka'ab mengingatkan bahwa sebagai pengajar TPQ harus bersyukur karena termasuk orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya. Cara mensyukuri karunia itu adalah dengan memaksimalkan potensi yang ada pada diri kita agar bisa mengajar di TPQ An Nuur Sidowayah dengan sebaik mungkin.

Ustaz Ibnu Kaab
Ustaz Ka'ab memimpin rapat

Evaluasi pertama terkait penarikan donasi bulanan kepada para donatur yang ternyata agak molor dalam pelaksanaan tugas. Mas Hanif dan Mas Mukhtar sebagai penanggung jawab penarikan dana, diharap memaksimalkan waktu agar niat berinfak para donatur bisa bersambut dengan baik.

Untuk infak dari santri setiap pertemuan masih berjalan dengan lancar dan direkap terpisah dari saldo TPQ. Dana yang terkumpul dari santri dipergunakan untuk kebutuhan santri, di antaranya hadiah Ajang Kreativitas Santri, subsidi acara santri saat kegiatan keluar, dan sebagainya.

Selanjutnya, Pak Ibnu Ka'ab menghendaki diadakannya reorganisasi dalam tubuh kepengurusan TPQ, baik itu ketua, bendahara, sekretaris, dan lainnya. Pak Ka'ab berharap bulan depan diagendakan pergantian kepengurusan.

Pembahasan berikutnya tentang kegiatan tambahan setiap Selasa. Melihat kalender, ada 4 kali hari Selasa sepanjang bulan Desember 2022. Yakni tanggal 6, 13, 20, dan 27 Desember 2022.

Disepakati pada hari Selasa, 6 Desember diadakan permainan atau game dengan penanggung jawab Pak Wakhid. Hari Selasa, 13 Desember 2022 jadwalnya praktik ibadah, akan dikenalkan macam-macam sujud dengan penanggung jawab Pak Ibnu Ka'ab.

Pada hari Selasa, 20 Desember 2022, direncanakan untuk membuat lampu hias dari bahan utama kardus bekas. Penanggung jawab bahan Mas Mukhtar, penanggung jawab praktik Mas Hanif. Sementara untuk kelas TK dan kelas 1 MI membuat kemoceng dari bahan utama rafia. Penanggung jawab bahan dan pelaksanaan adalah Bu Winarsih.

Ustazah TPQ
Suasana rapat pengurus TPQ An Nuur

Ajang Kreativitas Santri akan digelar pada hari Selasa, 27 Desember 2022. Tak ada tema khusus untuk bulan ini, santri akan dibebaskan mau tampil apa. Boleh kultum, hafalan, menyanyi lagu islami, dan sebagainya.

Demikian perencanaan kegiatan selama bulan Desember 2022 yang akan digelar di TPQ An Nuur Sidowayah. Semoga apa yang direncanakan bisa terlaksana dengan lancar dan bermanfaat terutama bagi para santri TPQ.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822