NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Ajang Kreativitas Santri TPQ An Nuur Spesial Senandung Doa Al-Qur'an

MEDIA AN NUUR─Kegiatan TPQ An Nuur Sidowayah, pada Selasa sore, 15 November 2022 adalah Ajang Kreativitas Santri. Dan sore ini, anak-anak unjuk kebolehan menyanyikan lagu Senandung Doa Al-Qur'an. Lagu yang diambil dari doa khatmil qur'an ini, sudah pernah diajarkan di TPQ pada bulan lalu.

Pertemuan dibuka dengan membaca Surat Al Fatihah dan doa mau belajar, dipimpin oleh Pak Wakhid. Kemudian melafalkan Ikrar Santri bersama-sama dipimpin 2 santri yang tertunjuk, yakni Naura dan Angelina. Sementara di serambi utara masjid, Mas Hanif menyiapkan panggungnya.

Setelah acara pembukaan, santri diajak menuju serambi utara masjid. “Hari ini jadwalnya Ajang Kreativitas Santri spesial karaoke Senandung Doa Al-Qur'an,” kata Pak Wakhid. “Saya harap kalian sudah pada hafal semua, ya!”

Selanjutnya, sebelum ada yang maju tampil, santri diajak bersama-sama menyanyikan lagu Senandung Doa Al-Qur'an. Semua santri turut melantunkannya. Nada yang enak didengar dan lirik yang mudah diingat membuat anak-anak mudah menghafalnya.

Selanjutnya, santri yang tampil ke depan dipersilakan bergantian. Putra dulu baru putri, begitu silih berganti. Haikal yang maju paling dulu. Dengan lancar melantunkan lagunya.

Bergantian selanjutnya yang maju adalah Gendis, Qosim, Meisya, Bara, Najwa, Alfan, Avicha, Zaidan, dan Naura. Mereka menyanyikan lagu Senandung Doa Al-Qur'an tanpa membaca teks liriknya.

Senandung Doa Al-Qur'an
Santri tampil bernyanyi

Selanjutnya, sebagai apresiasi, pengurus TPQ An Nuur Sidowayah memberikan hadiah kepada para santri yang maju berupa uang jajan masing-masing Rp5.000. Tak seberapa tapi semoga memompa semangat belajar mereka.

TPQ An Nuur
Menerima reward uang jajan

Kegiatan kecil di TPQ ini memang hanya sekadar selingan agar tak jenuh dalam belajar baca tulis Al-Qur'an. Namun begitu, ternyata bernyanyi ada manfaatnya juga, lho! Benarkah?

Mengutip dari Alodokter.com, bernyanyi adalah salah satu kegiatan yang baik untuk mengekspresikan diri dan meluapkan emosi. Hal ini juga turut bermanfaat dalam menambah kepercayaan diri seseorang.

Bernyanyi bersama teman-teman, diketahui dapat meredam dan mengatasi mood negatif, seperti kecemasan dan rasa sedih. Muncul kecenderungan merasa lebih santai, senang, nyaman, lega, dan suasana hati membaik setelah bernyanyi.

Sementara untuk hukum bernyanyi, merujuk fatwa Tarjih Muhammadiyah disebutkan jika seni musik membawa pada kemanfaatan maka hukumnya boleh, apabila hanya membuang waktu saja tanpa memberikan faedah maka hukumnya makruh, dan jika keluar dari koridor syari'at agama maka jelas hukumnya haram.

Demikian kegiatan TPQ An Nuur Sidowayah pada sore hari ini. Semoga memberikan manfaat, bisa menggantikan nyanyian lagu tak sesuai umur yang sering didengar dan dilantunkan anak-anak. Sampai jumpa pada Ajang Kreativitas Santri bulan depan.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822