NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Kemeriahan Pembukaan Gelar Buku & Budaya Rakyat Sukoharjo (GEBBRAKS) 2022 di Alun-Alun Sukoharjo, Pameran Digelar Hingga 6 November 2022

MEDIA AN NUUR─Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo bekerja sama dengan CV Netral Organizer menyelenggarakan Gelar Buku & Budaya Rakyat Sukoharjo (GEBBRAKS) 2022. Pameran ini digelar di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo pada 31 Oktober 2022 hingga 6 November 2022 dari pukul 09:00-22:00 WIB.

Gelar Buku & Budaya Rakyat Sukoharjo
GEBBRAKS 2022

Senin, 31 Oktober 2022 sekira pukul 20:00 WIB, digelar panggung spektakuler untuk pembukaan pameran yang mengusung tema “Literasi untuk Peradaban, Kesejahteraan, dan Keberagaman Budaya”. Terlihat juga wahana pasar malam tergelar turut menyemarakkan pameran di lokasi strategis di Sukoharjo kota ini.

Karawitan Kartika Raras
Karawitan Kartika Raras

Rangkaian acara pembukaan pameran buku ini diawali dengan pentas budaya. Live musik karawitan dipersembahkan oleh Kartika Raras pimpinan Eko Joko Trihatmono, M.Pd (Joko Plengeh) dari Sumedangan, Gentan, Bendosari, Sukoharjo mewarnai suasana.

Tari Dolanan Anak
Tari Dolanan Anak

Penampilan Tari Dolanan Anak dari Sanggar Tari Santi Budaya Sukoharjo, menggugah nostalgia tentang permainan kanak-kanak zaman dulu seperti petak umpet, lompat tali, bola bekel, dan sebagainya. Ini juga menjadi sebuah upaya dalam melestarikan berbagai dolanan tradisional di tengah maraknya anak bermain gawai.

Pentas Seni Tari Nusantara
Pentas Seni Tari Nusantara

Dilanjutkan Pentas Seni Tari Nusantara, menampilkan parade tari daerah dari Sabang sampai Merauke dengan video background panggung menampilkan bentang keindahan alam dan budaya berbagai daerah di nusantara. Sungguh menggetarkan jiwa. Apalagi di akhir penampilan, para penari sempat mengalungkan selendang mengajak beberapa pejabat yang hadir untuk menari bersama, termasuk Bupati Sukoharjo, Ibu Hj. Etik Suryani, S.E, M.M.

Usai parade tari, seluruh hadirin diajak berdiri menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian pembacaan doa agar acara malam hari ini berjalan dengan lancar dan mendapat rida dari Tuhan Yang Maha Esa. Doa dipimpin oleh Bapak Sumarah Murbana, S.Sos.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo
Kepala Disarpus Sukoharjo

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, Bapak Sumarno, S.Sos, M.H dalam sesi laporan panitia sekaligus menyampaikan launching salah satu inovasi dari Disarpus Sukoharjo yang disebut dengan Ndongeng Daring Dari Rumah (Ndog Dadar) berupa liputan mengangkat sejarah tempat-tempat di Sukoharjo, yang bisa disaksikan di kanal Youtube Disarpus Sukoharjo.

Ibu Sapta Hermawati, SH, MM
Sekretaris Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Ibu Sapta Hermawati, SH, MM, Sekretaris Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, dalam sambutan mengapresiasi acara yang digelar Disarpus Sukoharjo. Disampaikannya bahwa pemerintah harus berperan aktif dalam penyelenggaraan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat. Pemerintah berkewajiban atas ketersediaan perpustakaan di masyarakat, dan menggalakkan promosi gemar membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi.

Malam hari ini, Disarpus Sukoharjo juga menyampaikan penghargaan kepada para Pemustaka Teraktual 2022. Pemustaka Teraktual Kategori Pelajar: Mufli Agus Wijaya dari Daleman, Nguter. Kategori Mahasiswa: Alfina Dila Maharani dari Jombor, Bendosari. Kategori Umum: Warsito dari Juron, Nguter. Kategori ASN: Sugiyanto Budi D dari Tegalmade, Mojolaban. Kategori Perpustakaan Online (E Perpus Sukoharjo: Wakhid Syamsudin dari Ngreco, Weru, dan Dwi Apriyanti dari Baran, Nguter.

Pemustaka Teraktual
Penghargaan Pemustaka Teraktual 2022

Selain Pemustaka Teraktual 2022, penghargaan juga diberikan kepada pustakawan Tunardi, SE sebagai Inovator. Dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, Sumarno, S.Sos menerima penghargaan layanan publik terbaik award Gelis (Gerakan Literasi Sukoharjo).

Disarpus Sukoharjo juga menampilkan video-video kegiatan dan inovasi yang telah mereka lakukan selama ini. Di antaranya program Gelis (Gerakan Literasi Sukoharjo), peluncuran perpustakaan digital E Perpus Sukoharjo yang bisa diunduh di Playstore, dan penayangan salah satu video Ndongeng Daring Dari Rumah (Ndog Dadar).

Bupati Sukoharjo, Ibu Hj. Etik Suryani, SH.MM dalam sambutan menyampaikan apresiasi atas segala inovasi Disarpus Sukoharjo. Beliau mengingatkan bahwa buku adalah jendela dunia, membacanya untuk membuka dunia. Sebagai sumber informasi berbagai ilmu. Dengan membaca akan bisa mengubah masa depan karena menambah kecerdasan akal pikiran sekaligus menginspirasi kita.

Bupati Sukoharjo
Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani, SH.MM

Bupati Sukoharjo berharap GEBBRAKS 2022 ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan bacaan yang murah berkualitas agar minat membaca meningkat terutama para generasi muda. Beliau juga mengimbau ibu-ibu PKK dan Darma Wanita agar turut mensosialisasikan gerakan membaca buku, termasuk dengan menyediakan pojok buku di pos-pos mereka. 

Acara puncak adalah pembukaan secara resmi Gelar Buku & Budaya Rakyat Sukoharjo (GEBBRAKS) 2022 oleh Bupati Sukoharjo. Rentetan kembang api turut memeriahkan prosesi pembukaan pameran. Ditandai juga dengan pemotongan untaian melati dan peninjauan lokasi stand pameran buku oleh orang nomor satu di kota makmur tersebut.

Untuk seluruh warga Sukoharjo, yuk kita meriahkan Gelar Buku & Budaya Rakyat Sukoharjo (GEBBRAKS) 2022. Banyak acara menarik disiapkan oleh panitia. Untuk keseruannya silakan langsung berkunjung setiap hari antara pukul 09:00-22:00 WIB sampai tanggal 6 November 2022. Salam literasi!

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822