NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Permainan Seru Santri TPQ An Nuur Mengumpulkan Kartu Bertuliskan Nama Malaikat dan Tugasnya

MEDIA AN NUUR─Selasa sore, hari pertama bulan November 2022, santriwan-santriwati TPQ An Nuur Sidowayah melaksanakan permainan. Permainan adalah menyusun kartu nama malaikat dan tugasnya.

Mas Hanif yang membuka pertemuan dengan mengajak santri membaca Surat Al Fatihah dan doa sebelum belajar. Setelah itu bersama-sama melafalkan Ikrar Santri dipimpin 2 santri yang ditunjuk sebelumnya.

Mas Hanif kemudian mengarahkan santri kelas 1 MI, TK, dan Paud untuk menempatkan diri di serambi samping utara masjid. Sementara kelas 2 ke atas menuju ke tengah masjid.

Santri kelas 1 MI diajak bermain kartu huruf hijaiyah. Aturannya, santri disuruh mencari urutan huruf hijaiyah. Sementara kelas TK dan Paud menyusun huruf hijaiyah dan menempelkannya di papan tulis.

Untuk kelas 2 ke atas bermain kartu nama malaikat dan tugasnya. Permainan ini menuntut peserta harus sudah hafal 10 malaikat beserta tugasnya. Beruntungnya permainan dilaksanakan berkelompok, jadi yang belum benar-benar hafal bisa mengikutinya.

Mas Hanif dibantu Pak Wakhid memimpin permainan ini. Pengurus TPQ An Nuur sudah menyiapkan kartu bertuliskan nama malaikat dan tugasnya. Nama 10 malaikat disiapkan rangkap 6, jadi total 60 kartu. Tugas malaikat juga ada 10 rangkap 6 total 60 kartu.

Adapun nama 10 malaikat dan tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dari Allah kepada para Nabi dan Rasul
  • Malaikat Mikail bertugas membagikan rezeki pemberian Allah kepada semua makhluk-Nya
  • Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala ketika tiba hari Kiamat
  • Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa
  • Malaikat Raqib bertugas mencatat amal kebaikan
  • Malaikat Atid bertugas mencatat amal keburukan
  • Malaikat Munkar bertugas menanyai di alam kubur
  • Malaikat Nakir bertugas menanyai di alam kubur
  • Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga
  • Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka

Santri dibagi 2 kelompok, kelompok putra dan kelompok putri. Kedua kelompok ini akan bertanding dalam permainan menggunakan kartu bertuliskan nama 10 malaikat dan 10 macam tugas makhluk Allah yang tercipta dari nur atau cahaya itu.

Permainan disiapkan, 60 kartu bertulis nama malaikat dan 60 kartu bertulis tugas malaikat itu digabung dan diacak. Ditaruh di atas tikar lantai masjid. Berjarak sekitar sepuluh langkah, para santri berkumpul sesuai kelompok.

Malaikat dan tugasnya
Kartu bertuliskan nama malaikat dan tugas malaikat

Aturan mainnya, tiap kelompok mengutus 1 anggota mengambil 1 kartu boleh memilih. Kartu dibawa kepada kelompoknya. Kemudian diberi waktu 5 hitungan, untuk berdiskusi menentukan siapa yang harus mengambil kartu selanjutnya, serta tulisan apa yang diincar.

Permainan edukatif
Berdiskusi menentukan sasaran

Peserta yang diutus kelompoknya harus mengambil kartu sesuai hasil diskusi dalam waktu 10 hitungan. Kalau tak ketemu boleh ambil secara acak dan dibawa ke kelompoknya. Lanjut peserta berikutnya yang mengambil setelah diskusi.

Iman kepada malaikat
Mencari kartu incaran sesuai hasil diskusi

Berlanjut terus sampai akhirnya kartu yang terkumpul membentuk urutan 10 nama malaikat dan 10 macam tugasnya. Kelompok yang berhasil mengumpulkan lengkap paling dulu maka itulah pemenangnya.

Jadi kesalahan yang harus dihindari adalah mengambil kartu yang tulisannya sama dengan yang diambil peserta sebelumnya. Kalau sampai terjadi maka akan memperlambat kelengkapan kartu yang seharusnya dikumpulkan.

10 malaikat Allah
Hasil pengumpulan kartu yang sudah lengkap

Babak pertama dimenangkan kelompok putra. Babak kedua dimenangkan kelompok putri. Babak ketiga sebagai penentuan. Aturan diubah, utusan kelompok tak lagi mengambil 1 kartu melainkan mengambil 2. Potensi kartu dobel makin tinggi sehingga harus lebih berhati-hati.

Babak ketiga berlangsung mendebarkan. Kedua kelompok berpacu dengan waktu. Kesalahan demi kesalahan membuat mereka jengkel. Pak Wakhid mengingatkan untuk tak saling menyalahkan. Dan akhirnya babak ketiga dimenangkan oleh kelompok putra!

Demikian keseruan kegiatan TPQ An Nuur di awal November 2022. Permainan kartu 10 nama malaikat dan tugasnya ini tujuannya untuk mengajak kompak bekerja sama, tak boleh saling menyalahkan, dan tentu juga agar makin hafal nama malaikat beserta tugasnya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822