NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Kenikmatan Surga yang Kekal Diberikan pada Orang Beriman dan Beramal Saleh

MEDIA AN NUUR─Orang yang beriman dan senantiasa berbuat kebaikan, maka Allah ﷻ menyiapkan surga untuk mereka. Sebagaimana telah disebutkan di dalam ayat suci Al-Qur'an.

وَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَ نْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۤ اَبَدًا ۗ وَعْدَ اللّٰهِ حَقًّا ۗ وَمَنْ اَصْدَقُ مِنَ اللّٰهِ قِيْلًا

Dan orang yang beriman dan mengerjakan amal kebajikan, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan janji Allah itu benar. Siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah?” (QS. An-Nisa' 4: Ayat 122)

Bisa jadi di dunia keadaan kita tidak begitu bagus dalam urusan harta, namun kita memiliki iman yang tak ternilai harganya, maka kelak di surga akan kita dapatkan apa saja yang kita inginkan. Surga diciptakan Allah ﷻ untuk para mukmin yang beramal saleh.

Ustaz Miryadi
Ustaz Miryadi sampaikan tentang nikmat di surga

Di surga nanti, bangunan yang akan dihuni manusia terbuat dari bahan-bahan yang luar biasa. Jika di dunia, bahan untuk bangunan hanya terdiri dari pasir, bata, semen dan lain sebagainya. Namun, bahan bangunan surga terbuat dari emas, perak, mutiara, misik, yakut dan za’rafan. Sungguh tidak terbayang dalam pikiran manusia bagaimana keindahan surga itu.

أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لاَ عَيْنٌ رَأَتْ، وَلاَ أُذُنٌ سَمِعَتْ، وَلاَ خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ

Aku telah siapkan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh, nikmat surga yang belum pernah dilihat mata, belum pernah dilihat telinga, dan belum pernah terbayang dalam hati manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah ﷻ juga mengabarkan dalam Al-Qur'an, tentang surga, di mana penghuninya kekal di sana. Hidup terus dan tak pernah ada kematian lagi. Simak ayat berikut ini.

لَا يَذُوْقُوْنَ فِيْهَا الْمَوْتَ اِلَّا الْمَوْتَةَ الْاُ وْلٰى  ۚ وَوَقٰٮهُمْ عَذَا بَ الْجَحِيْمِ 

Mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya, selain kematian pertama (di dunia). Allah melindungi mereka dari azab neraka.” (QS. Ad-Dukhan 44: Ayat 56)

Rasulullah ﷺ juga menyatakan dalam hadis, “Sesungguhnya kalian akan tetap sehat dan tidak pernah sakit lagi, kalian akan tetap hidup dan tidak pernah mati lagi, kalian akan tetap muda dan tidak pernah tua renta lagi, kalian akan terus berbahagia, dan tidak pernah merasa sedih dan menderita lagi.” (HR. Muslim).

Demikian kabar indah tentang surga, maka seyogianya sebagai muslim kita berusaha menggapainya dengan keimanan dan amal saleh. Kenikmatan surga yang kekal akan kita dapatkan dengan rida dari Allah ﷻ.

Ringkasan khotbah Jumat, 25 November 2022 di Masjid An Nuur Sidowayah yang disampaikan oleh Ustaz Miryadi. Diringkas dari hasil rekaman suara.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822