NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Selamat! Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Luncurkan Wikimu Ensiklopedia Muhammadiyah

MEDIA AN NUUR─Zaman berkembang dengan sangat cepat, agar bisa bertahan di era serba digital ini maka harus bisa bertransformasi di berbagai bidang. Begitu pun yang dilakukan Persyarikatan Muhammadiyah, selalu siap dengan berbagai inovasi sistem baru mengikuti perubahan zaman.

wikimu.org

Baru-baru ini, ormas besar yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan ini telah meluncurkan Wikimu Ensiklopedia Muhammadiyah pada Sabtu (22/10/2022) bertempat di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan sudah bisa diakses pada laman www.wikimu.org.

Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si, peluncuran Wikimu adalah langkah baru sekaligus tonggak serangkai dari jejak Muhammadiyah di era digital. Kehadiran Wikimu di era revolusi 4.0 merupakan ikhtiar untuk mengembangkan ensiklopedia Muhammadiyah secara digital.

Wikimu hadir untuk melengkapi dan menampilkan segala isi pemikiran dan informasi Muhammadiyah dalam sistem digital.  Harapannya ke depan, informasi yang ada di Wikimu bisa seakurat mungkin sehingga kesahihannya menjadi rujukan.

Haedar Nashir sangat mengapresiasi dan mendukung Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah dengan peluncuran Wikimu, sehingga dapat menjadi langkah dan jejak baru Muhammadiyah dalam mengemban misi dakwah dan misi berkemajuan di era digital.

Sementara itu, menurut Dr. Muchlas M.T., Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah, Wikimu merupakan program unggulan dari MPI. Informasi yang berbasis pada data detil atau spesifikasi memang belum tersedia sebelumnya, maka sekarang hadir untuk melengkapi pengelolaan data Muhammadiyah.

Wikimu mengusung konsep ensiklopedia digital seperti Wikipedia, di mana memungkinkan pengguna untuk menambah artikel atau melakukan penyuntingan artikel yang ada untuk menyempurnakan keakuratannya.

Hadirnya Wikimu menjadikan ensiklopedia yang ada menjadi dinamis, sebab pembaharuan data dapat langsung dilakukan tanpa harus mencetak. Hal ini menjadikan informasi dapat diakses secara bebas dan mudah.

Mencoba mengakses Wikimu, saat membuat postingan ini, sudah ada sejumlah 341 halaman, termasuk halaman pembicaraan, pengalihan, dan lain-lain. Ada 97 kontributor terdaftar, yang pastinya akan selalu bertambah.

Semoga segala inovasi kekinian persyarikatan menjadi ikhtiar dalam mempersiapkan kader Muhammadiyah masa depan yang memiliki responsif dalam perubahan zaman. Sukses selalu Muhammadiyah!

Referensi:

  • https://umj.ac.id/
  • https://muhammadiyah.or.id/

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822