NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Tata Cara Wudu Sesuai Tuntunan Rasulullah agar Salat Kita Sempurna

MEDIA AN NUUR─Kamis, 8 September 2022, jadwal pengajian rutin dua pekanan warga Sidowayah RT 01 RW 06. Malam ini, pengajian bertempat di rumah Pak Suwarno-Ibu Sulastri. Seperti biasa dilaksanakan bakda Salat Isya.

Pengajian dipandu Pak RT selaku pembawa acara. Usai dibuka dengan basmalah, pembacaan ayat suci Al-Qur'an dipimpin Pak Ibnu Ka'ab. Memasuki Surat Al Mu'min (40) ayat 1 sampai 9.

Ustaz Fauzan
Ustaz Fauzan jelaskan tata cara wudu

Taushiah malam ini disampaikan oleh Ustaz Fauzan. Materi yang disampaikan adalah tata cara wudu. “Sebagian kita pasti sudah banyak yang paham bagaimana wudu yang benar,” kata Ustaz Fauzan, “Namun, barangkali ada yang masih keliru maka kita saling mengingatkan di sini.”

Warga Sidowayah
Bapak-bapak menyimak pengajian

Tata cara wudu terdapat dalam sebuah hadis berikut ini:

حُمْرَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ أَخْبَرَهُ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ – رضى الله عنه – دَعَا بِوَضُوءٍ فَتَوَضَّأَ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْمِرْفَقِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْكَعْبَيْنِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ

Humran pembantu Utsman menceritakan bahwa Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu pernah meminta air untuk wudu kemudian dia ingin berwudu. Beliau membasuh kedua telapak tangannya 3 kali, kemudian berkumur-kumur diiringi memasukkan air ke hidung, kemudian membasuh mukanya 3 kali, kemudian membasuh tangan kanan sampai ke siku tiga kali, kemudian mencuci tangan yang kiri seperti itu juga, kemudian mengusap kepala, kemudian membasuh kaki kanan sampai mata kaki tiga kali, kemudian kaki yang kiri seperti itu juga.

Dari hadis di atas, kita bisa menyimpulkan tata cara wudu sebagaimana dicontohkan Rasulullah ﷺ kepada Utsman bin Affan, sebagai berikut:

  1. Berniat dalam hati untuk menghilangkan hadas.
  2. Membaca basmalah.
  3. Membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali.
  4. Mengambil air dengan tangan kanan, lalu dimasukkan dalam mulut untuk berkumur sekaligus dimasukkan dalam hidung (istinsyaq). Ini dilakukan sebanyak tiga kali.
  5. Membasuh seluruh wajah sebanyak tiga kali.
  6. Membasuh tangan hingga siku sambil menyela-nyela jari-jemari, kanan dulu kemudian kiri . Ini juga dilakukan tiga kali.
  7. Membasuh kepala 1 kali. Caranya dengan membasahi kedua telapak tangan lalu menyapukannya dari kepala bagian depan lalu menarik tangan hingga kepala bagian belakang, kemudian menarik tangan kembali hingga kepala bagian depan. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan memasukkan jari telunjuk ke lubang telinga, sedangkan ibu jari menggosok telinga bagian luar.
  8. Membasuh kaki hingga sebatas mata kaki sebanyak tiga kali, dengan mendahulukan kaki kanan sambil membersihkan sela-sela jemari kaki.

Ustaz Fauzan mempraktikkan beberapa hal yang dirasa penting sehingga warga memahami keterangan yang disampaikan. Demikian pengajian malam ini tentang tata cara wudu sesuai yang diajarkan Rasulullah ﷺ.

Pengajian malam Jumat
Ibu-ibu mendengarkan penjelasan

“Kesempurnaan wudu berpengaruh besar pada sempurnanya salat, jadi jangan sampai mengabaikan tata cara yang benar,” kata Ustaz Fauzan mengakhiri taushiah.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

  1. Benar sekali. Wudhu adalah syarat sah shalat yang tidak boleh main-main. Harus sesuai tuntunan Nabi dan Rasul yang tertuang dalam.hadis shohih

    BalasHapus
2907636960708278822