NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Dalam Berdakwah Diperlukan Perjuangan dan Pengorbanan

MEDIA ANNUUR─Dalam Berdakwah Diperlukan Perjuangan dan Pengorbanan. Allah Swt menciptakan kita untuk beribadah. Maka segala aktivitas kita harus bernilai ibadah. Dalam melaksanakan perintah Allah Swt diperlukan perjuangan. Perjuangan pasti butuh pengorbanan. Dan pengorbanan tentu saja sifatnya tidak enak. Baik itu korban waktu, pikiran, tenaga, dan harta bahkan nyawa.

Ahad Pagi PCM Weru
Jamaah Ahad Pagi PCM Weru.

Kalau tidak ada keimanan, maka melaksanakan perintah Allah Swt itu terasa sangatlah berat. Salat, berpuasa, sungguh berat dilaksanakan tanpa iman di hati kita.

Dalam menerima ujian berupa kesusahan sebagian kita merasa membutuhkan Allah Swt, tapi tatkala ujian sudah berlalu maka kita melupakan Allah Swt yang telah membantu kita menyelesaikan permasalahan tersebut.

Zaman sekarang ini sudah banyak orang yang melalaikan perintah Allah Swt. Bahkan yang beriman terasa sangat asing.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda:

يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لا يَبْقَى مِنَ الإِسْلامِ إِلا اسْمُهُ , وَلا يَبْقَى مِنَ الْقُرْآنِ إِلا رَسْمُهُ , مَسَاجِدُهُمْ يَوْمَئِذٍ عَامِرَةٌ , وَهِيَ خَرَابٌ مِنَ الْهُدَى , عُلَمَاؤُهُمْ شَرُّ مَنْ تَحْتَ أَدِيمِ السَّمَاءِ , مِنْ عِنْدِهِمْ تَخْرُجُ الْفِتْنَةُ , وَفِيهِمْ تَعُودُ

Artinya: “Akan datang suatu zaman pada manusia, di mana pada waktu itu tidak tinggal Islam kecuali namanya saja, Dan tidak tinggal Al-Qur'an melainkan tulisannya saja, masjid-masjid dibangun megah namun kosong dari petunjuk, dan ulama mereka adalah makhluk yang terjelek yang berada di kolong langit, dari mulut-mulut mereka keluar fitnah dan (sungguh, fitnah) itu akan kembali kepada mereka.” [HR. Al-Baihaqi]

Betapa sekarang sangat mudah kita jumpai wanita berjilbab tanpa malu-malu berjoget di sosial media. Yang tidak mengikuti tren dianggap kurang gaul dan diasingkan dari pertemanan.

Kita juga harus berhati-hati karena akan bertebaran fitnah, di mana dalam beragama akan timbul kegaduhan-kegaduhan. Kesyirikan merajalela, sunah ditinggalkan. Padahal itu adalah kezaliman yang luar biasa besar.

Ahad Pagi PCM Weru
Jamaah Ahad Pagi putri.

Kalau kita ingat masa dulu ada anjuran bijak agar menghormati orang berpuasa. Tapi sekarang terbalik, yang berpuasa disuruh menghormati mereka yang tidak berpuasa.

Sudah hal pasti dalam menyampaikan dakwah maka akan muncul banyak tantangan. Tak akan ada yang begitu saja mulus dalam berjuang di jalan Allah Swt.

Ringkasan Pengajian Ahad Pagi PCM Weru di Gedung Dakwah Kalisige pada 20 Maret 2022 yang disampaikan oleh Ust. Fadlun Amin, S.Si., M.A (Yogyakarta).

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822