NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Bikin Es Buah Segar Ala TPQ An Nuur Sidowayah

MEDIA ANNUUR─Bikin Es Buah Segar Ala TPQ An Nuur Sidowayah. Sebentar lagi kita akan kedatangan tamu agung yakni bulan suci Ramadan 1443 H. Sebagai umat Islam kita tentu senang menyambutnya. Nah, kali ini, TPQ An Nuur Sidowayah mengadakan sebuah acara yang diharapkan bermanfaat khususnya di bulan puasa.

Acara yang digelar pada sore hari Selasa, 22 Maret 2022 ini bertempat di halaman rumah Pak Ibnu Ka'ab - Bu Nurul Qomariyah. “Hari ini kita bersama-sama membuat menu yang biasa hadir saat berbuka puasa,” kata Pak Ka'ab. “Kita akan belajar membuat minuman es buah!”

Pak Kaab memulai acara
Pak Ka'ab memulai acara.

Pak Ka'ab mengatakan bahwa sebagai anak yang baik, jangan hanya selalu menunggu dibuatkan menu sama orang tua. “Sesekali kalian buatkan minuman segar untuk berbuka puasa,” kata Pak Ka'ab. “Pasti bapak dan ibu kalian akan senang sekali menikmati minuman yang kalian buat.”

Selanjutnya santri dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil agar semua santri bisa ikut praktik. Setelah terbagi kelompok, buah sebagai bahan utama dibagikan. Buah yang digunakan kali ini adalah semangka, melon, dan pepaya.

Santriwan memotong buah
Santriwan memotong buah.

Santri kemudian diajari menggunakan pisau sendok buah sehingga potongannya jadi bulat-bulat. “Gantian, ya, pastikan semua anggota kelompok mencoba memotong,” saran Pak Ka'ab.

Santriwati memotong buah
Santriwati memotong buah.

Setelah selesai, buah yang sudah dipotong bulat-bulat dikumpulkan. Bu Nurul dan Bu Alim menyiapkan es batu, memecahnya kecil-kecil. Bu Yeni terlihat menata gelas cup plastik.

Potongan buah dikumpulkan
Potongan buah dikumpulkan.

Selanjutnya Mas Hanif memberikan contoh cara membuat es buah segar. “Gelas cup kita isi es batu, lalu masukkan potongan buah, kemudian tiga sendok susu kental manis, tiga sendok sirup, baru setelah itu diberi air putih,” kata Mas Hanif sambil mempraktikkan.

Mas Hanif praktikkan bikin es buah
Mas Hanif praktikkan bikin es buah.

Menambahkan susu dan sirup
Menambahkan susu dan sirup.

Mengisi air ke dalam gelas
Mengisi air ke dalam gelas.

Setelah semua bahan masuk ke dalam gelas cup dan diberi air lalu diaduk. “Nah, es buah segar sudah siap dihidangkan,” kata Mas Hanif sembari menunjukkan segelas es buah hasil buatannya.

Mas Hanif dibantu para guru lainnya menyiapkan es buah ke dalam gelas cup plastik yang sudah disediakan. Menunggunya selesai, Pak Ka'ab mengajak santri bersama-sama membaca hadis tentang keridaan Allah Swt pada rida orang tua.

Menikmati es buah segar
Menikmati es buah segar.

Di akhir acara, semua santri dipersilakan menikmati hasil pembuatan es buah. Masing-masing diberi satu gelas cup es buah yang mereka bikin bersama-sama. “Jangan lupa menikmati minumannya sambil duduk, ya,” kata Pak Ka'ab mengingatkan.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822